by

Singapura Korban Kecepatan Sayap Timnas U23

MANILA – Timnas Indonesia U-23 masih terlalu superior untuk Singapura. Sejak SEA Games 1997, Garuda Muda tak terkalahkan dari skuad Fandi Ahmad. Kemarin malam, tim asuhan Indra Sjafri membungkam Singapura dengan skor 2-0 . Ribuan pendukung Indonesia yang memenuhi Stadion Rizal Memoriam, dibuat terpukau oleh sontekan gol Osvaldo Haay dan Asnawi Mangkualam.

Sejak awal babak pertama, kedua tim bermain alot. Jual beli serangan terus diperagakan oleh kedua tim untuk merubah kedudukan. Namun, beberapa peluang yang kerap didapat oleh Indonesia maupun Singapura masih belum mampu menbuahkan hasil.

Lima menit menjelang babak pertama berakhir, pertandingan semakin menarik untuk disaksikan. Sebab, kedua tim lebih gencar melancarkan serangan ke pertahanan lawannya masing-masing. Akan tetapi, upaya kedua tim untuk menciptkan keunggulan masih menemui jalan buntu. Skor imbang 0-0 tetap bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Indonesia meningkatkan intensitas serangannya. Peluang emas pertama hadir di menit ke-53. Egy Maulana Vikri yang nyaris mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari umpan lambung dari tengah lapangan berhasil diterima dengan baik oleh Egy.

Menguasai si kulit bundar, Egy mampu melewati dua pemain bertahan Singapura. Sayang, saat sudah berada dalam posisi baik, sepakan Egy masih mampu di halau penjaga gawang Singapura yang di kawal Zharfan Rohaizad dan hanya menghasilkan sepakan pojok.

Tiga menit berselang, Indoneasia kembali nyaris menciptakan keunggulan. Namun, lagi-lagi peluang yang didapat Indonesia melalui sepakan Saddil Ramdani masih mampu di blok pemain belakang Singapura dan kembali menghasilkan sepakan pojok bagi Tim merah Putih.

Singapura pun tak tinggal diam, mereka juga kerap memberikan ancaman berarti ke gawang Indoensia. Beruntung, peluang-peluang yang di dapat oleh Singapura masih belum menemui titik terang alias masih mampu dimentahkan oleh para pemain Indonesia.

Menit ke-63 Indonesia berhasil melepas kebuntuannya. Ya, Indonesia sukses unggul 1-0 atas Singapura melalui gol yang dicetak oleh Osvaldo Haay. Gol ini berawal dari umpan lambung tengah lapangan, Osvaldo berhasil memenangkan perebutan bola dengan pemain belakang Singapura, sebelum akhirnya melepaskan tembakan kaki kiri melewati hadangan kiper Singapura. Si kulit bundar berhasil merobek jala gawang Singapura.

Sebelas menit berselang tepatnya di menit ke-74, Indonesia kembali menambah kedudukan menjadi 2-0. Kali ini Asnawi Mangkualam yang mencatatkan namanya di papan skor. Osvaldo pun berperan dalam gol ini, sebab gol ini tercipta setelah Asnawi menerima umpan pemain asal Persebaya Surabaya tersebut.

Unggul dua gol seakan membuat skuat Garuda Muda semakin percaya diri melancarkan serangan ke pertahanan Singapura. Beberapa kali, Indonesia nyaris menambah kedudukan lewat Saddil Ramdani dan Asnawi.

Menit ke-82 Singapura nyaris meperkecil kedudukan. Beruntung, kesempatan para pemain Singapura untuk merobek jala gawang Indonesia yang dikawal Nadeo Arga Winata masih bisa dimentahkan oleh para pemain belakang Indonesia yang di komandoi oleh Firza Andika.

Disisa laga kedua tim masih menampilkan permainan menarik. Jual beli serangan terus ditunjukkan oleh kedua tim. Namun, hingga babak kedua berakhir, skor 2-0 untuk kemenangan Indonesia tetap bertahan.

Dengan kemenangan ini Indonesia masih tetap bertahan di peringkat kedua klasemen Grup B dengan raihan 6 poin dari dua laga. Indonesia berada di bawah Vietnam yang meraih poin sama namun beda produktivitas gol. Sedangkan, Singapura turun ke peringkat empat dengan koleksi satu poin dari dua pertandingan. (gie/fin/zul/tgr)

Comment