by

Palang Pintu Tak Menutup, Mobil Ditabrak KA Joglosemarkerto

TEGAL – Kecelakaan terjadi di Perlintasan Kereta Api Jalan Perintis Kemerdekaan Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal, Jumat (29/11), sekitar pukul 07.30 WIB. Sebuah mobil Toyota Agya G 8735 MP ditabrak Kereta Api (KA) Joglosemarkerto.

Dugaan sementara, kecelakaan dipicu gangguan sinyal pesawat radio panggil. Sehingga petugas jaga lintasan (PJL), tidak sempat menutup pintu palang dan membunyikan sirine, tanda kereta api akan lewat.

Catur Indah Nugroho (30), warga Jalan Surabayan Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal, menuturkan, pagi itu dia hendak mengantarkan anaknya ke sebuah sekolah swasta di Kota Tegal. Saat hendak melintasi Perlintasan Kereta Api Perintis Kemerdekaan (Poso), dia tidak mendengar bunyi sirine, begitu juga palang pintu tidak ditutup.

“Karena tidak ada sirine dan palang tidak ditutup, saya terus jalan. Pas berada di tengah-tengah perlintasan, saya tengok ke barat ternyata ada kereta api sudah mendekat. Kemudian saya langsung mundur,” katanya.

Karena merasa tidak cukup, tambah Catur, dia kemudian keluar dari mobil bersama anak dan istrinya. Benar saja, setelah dia keluar dari mobilnya, kereta api langsung menabrak bagian depan mobilnya.

Catur menduga kejadian itu akibat kelalaian petugas yang tidak membunyikan sirine dan menutup palang pintu. Beruntung, dia bersama istri dan anaknya selamat dari kecelakaan itu.

“Saya tanya petugas katanya HT-nya mati. Untung saja saya tidak kenapa-kenapa,” ujarnya.

Petugas penjaga perlintasan Joko Riyanto mengatakan kejadian itu bermula dari adanya gangguan sinyal radio panggil. Joko mengaku tidak menerima informasi akan ada kereta api yang lewat.

“Saya juga kaget, ternyata kereta sudah dekat. Jadi saya tidak sempat menutup palang pintu,” jawab Joko.

Menurut Joko gangguan sinyal radio sudah sering terjadi di perlintasan itu. Namun, saat itu dia bisa melihat kereta api dan langsung menutup pintu palangnya.

“Kalau hari ini benar-benar saya tidak mengetahui ada kereta api,” pungkas Joko. (muj/zul)

Comment