by

Ini Wujud Lebah Vespa Affinis yang Hantui Warga Tegal

TEGAL – Sedikitnya empat warga di RT 04 RW 03 Kelurahan Keturen Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal, Kamis (28/11), kembali menjadi korban sengatan tawon (lebah, Red.) vespa affinis. Dua di antaranya bahkan masih berusaia anak-anak, dan korban lainnya adalah lansia.

Ketua RT04 RW 03 Subekhi tak menampik warganya sudah ada yang menjadi korban sengatan tawon yang bisa mematikan itu. Di antaranya Wahyu (10), Dinda (7), Jakarsih (70), dan Rutinah (64).

“Tawon-tawon itu menyerang secara acak. Warga yang kebetulan lewat saat hendak beraktivitas pun menjadi korban sengatannya,” katanya.

Menurut Subekhi, akibat sengatan itu warganya mengalami bengkak-bengkak pada beberapa bagian tubuhnya. Bahkan, salah seorang korban, yang masih anak-anak trauma dan tidak mau keluar rumah.

Atas kejadian itu, kata Subekhi, dia pun sudah melaporkannya ke dinas terkait. Dia berharap segera dilakukan penanganan lebih lanjut, sehingga keberadaan sarang tawon bisa dibasmi dan dibersihkan.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Keturen Aiptu Sulistyanto mengatakan, selain di lokasi itu masih ada sarang tawon lainnya di lokasi yang berbeda. Karenanya, dia berharap dinas terkait bisa segera melakukan pemusnahan sarang-sarang serangga terbang itu.

“Secara swadaya, warga sudah memusnahkan satu sarang tawon di salah satu rumah. Kita berharap dari dinas terkait segera melakukan penanganan selanjutnya, untuk menghindari jatuhnya korban-korban lainnya,” tandasnya. (muj/zul)

Comment