by

Duh, Banyak Pasangan Remaja di Tegal Hamil di Luar Nikah

BUMIJAWA – Kasus pernikahan usia dini di Kabupaten Tegal semakin marak. Pemicunya, mayoritas hamil di luar nikah.

Terhitung sejak Januari hingga September lalu, jumlahnya lebih dari 60 pasangan remaja. “Semua ini faktornya akibat pergaulan bebas. Dan mereka terpaksa menikah karena hamil duluan,” kata Bupati Tegal Umi Azizah saat membuka Pencanangan Kesatuan Gerak PKK- KKBPK Kesehatan dan Deklarasi Pencegahan Perkawinan Anak Tingkat Kabupaten Tegal Tahun 2019, di Pasar Slumpring Desa Cempaka Kecamatan Bumijawa, kemarin.

Umi meminta, pergaulan bebas ini harus segera dihentikan. Karena jika dibiarkan, kasus tersebut bakal meningkat. Terbukti, pada tahun 2017 lalu, jumlahnya meningkat menjadi 187 kasus dari tahun sebelumnya yang hanya 132 kasus. Sedangkan untuk tahun ini, sudah mencapai 63 pasangan yang menikah di usia dini.

“Mereka terpaksa mendapat dispensasi nikah dari Pengadilan Agama (PA) Slawi. Jumlah itu terhitung pada September 2019. Kalau sampai bulan ini, kita belum tahu,” ungkapnya.

Umi berharap, acara ini tidak hanya seremoni belaka. Sosialisasi harus terus digencarkan guna mewujudkan generasi unggul dan generasi emas 2045.

Umi juga menghendaki supaya kasus kekerasan dalam rumah tangga harus diminimalisasi. Termasuk perceraian di usia muda hingga risiko kehamilan yang dapat menimbulkan kematian pada ibu dan bayi.

“Orangtua harus peka pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Era sekarang adalah era media sosial. Orangtua harus bisa menjadi tokoh panutan, contoh perilaku baik bagi anak-anaknya,” pesan Umi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Tegal, A. Thosim mengaku siap bakal meminimalisir jumlah pernikahan usia dini dan kasus kekerasan di dalam rumah tangga (KDRT). Dengan program yang digelar di Pasar Slumpring itu, pihaknya akan meningkatkan cakupan pelayanan yang adil dan berkualitas.

“Tujuan cara ini untuk membentuk keluarga kecil yang sehat dan berkualitas,” ucapnya singkat. (yer/ima)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *