by

Air Sungai Maribaya Berubah Jadi Merah Muda

KRAMAT – Diduga tercemar limbah pabrik, permukaan air Sungai Maribaya Kramat Kabupaten Tegal berubah warna menjadi merah muda (pink). Selain itu, bau tak sedap juga tercium warga hingga 100 meter.

Siswanto (48), warga sekitar, menuturkan bau tidak sedap mulai tercium warga sejak beberapa bulan terakhir. Kemudian warna sungai juga berubah menjadi merah muda.

“Sudah beberapa bulan ini warna sungai berubah dan bau busuk cukup mengganggu warga sekitar,” katanya.

Menurut Siswanto, bau yang tercium saat ini memang sudah mulai berkurang. Itu menyusul, adanya pengerukan di muara sungai beberapa waktu lalu. Dia menduga, berubahnya warna sungai itu disebabkan adanya pencemaran yang diakibatkan limbah pabrik yang berada di sekitar sungai.

“Ini sudah mulai berkurang baunya, karena sudah dilakukan pengerukan di muara sungai. Sebelumnya lebih parah dari ini,” tandasnya.

Siswanto juga tidak bisa memastikan pabrik mana yang membuang limbahnya sehingga mengakibatkan pencemaran. Namun, aroma yang tercium itu seperti bau ikan busuk.

“Saya tidak tahu yang mana, tetapi baunya seperti ikan busuk,” tandasnya.

Terpisah, Neny, manager salah satu perusahaan di dekat lokasi, mengatakan perusahaan di tempatnya bekerja sudah memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Selain itu, perusahaan juga sudah mengantongi izin pembuangan limbah cair (IPLC).

“Kita sudah memiliki IPAL dan juga IPLC,”ujarnya.

Menurut Neny, bau tidak sedap yang ditimbulkan diduga karena faktor cuaca. Saat ini di wilayah itu belum turun hujan. Kemudian, ada arus pasang, sehingga air tidak bisa mengalir dan mengendap. (muj/zul)

Comment