by

25 Karyawan Hotel Terjaring Tes Urine BNN, Apa Hasilnya?

TEGAL – Sebanyak 25 karyawan dan pekerja Riez Palace Hotel langsung kaget saat diminta untuk melakukan tes urine mendadak pada Senin (2/12). Namun, berdasarkan hasil penjaringan tes urine yang digelar Badan Narkotika Nasional Kota Tegal tersebut, semuanya dinyatakan negatif atau nihil narkoba.

Kepala BNN Kota Tegal Igor Budi Mardiyono melalui Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Nasrudin menjelaskan, digelarnya tes urine secara mendadak merupakan bagian dari upaya mewujudkan Kota Tegal Bersih dari Narkoba (Bersinar). Sebab, pekerja sektor pariwisata khususnya karyawan hotel dinilai rentan terhadap penyalahgunaan narkoba. Karenanya sangat penting dibekali edukasi pencegahan.

“Hari ini, merupakan kedua kalinya karyawan Riez Palace Hotel terjaring tes urine dan semuanya dinyatakan negatif,” ungkap Nasrudin.

Tidak hanya fokus tes urine, lanjut dia, pembekalan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) juga dilakukan. Tujuannya, agar semua pekerja hotel bisa berpartisipasi aktif dalam melakukan pemetaan sekaligus menjadi ujung tombak informasi terkait adanya dugaan transaksi maupun penyalahgunaan narkoba.

“Melalui komunikasi intensif dan sinergitas ini, diharapkan memicu semua manajemen dan pengelola hotel lainnya untuk melakukan penjaringan internal,” terangnya.

Sementara itu, Manajer Riez Palace Hotel Ngudi Prayitno menambahkan, dilakukannya penjaringan tes urine secara spontanitas menjadi spirit. Khususnya, dalam gerakan mendukung P4GN secara internal di lingkungan pekerja hotel yang diakui rentan terhadap dunia hiburan malam. Dengan pembekalan edukasi dari BNN pihaknya berharap semua karyawan bisa lebih aktif untuk mengantisipasi dalam memberikan pelayanan terhadap tamu.

“Fokusnya, bagi tamu yang dicurigai atau terindikasi menyalahgunakan fasilitas hotel untuk mengkonsumsi narkoba bisa lebih diminimalisir dengan pengawasan ketat,” imbuhnya. (syf/ima)

Comment